Alone, 2010

Alone
by Harista sriwahyuni



Photo by Andrew Gook on Unsplash
Image source: @google


   '' mama..papa...''

   '' Kalian di mana? kalian gak akan ninggalin Nesya sendiri kan? ''



   ...

   '' Aaaaaaaaaa.'' Nesya membuka mata. Tubuhnya di basahi keringat dingin. '' huh. Mimpi itu lagi.. ''

   Nesya melirik jam di sampingnya, 05.30. Dengan langkah lemas, Nesya menuju kamar mandi. Dia membasuh mukanya dengan air yg mengalir jernih di westafel kamar mandinya. Sesaat kemudian, di menatap cermin yg tergantung dia depannya. Wajah yg mulus di basahi dengan air.

   '' haruskah masa lalu itu terus kuingat? '' tanya Nesya pada bayangannya yg terpantul di cermin lebar di hadapannya.

   Nesya tersadar dari lamunannya setelah mengingat waktu akan terus berjalan. Dan itu berarti dia harus bergegas ke sekolah. Setelah bersiap, Nesya turun ke ruang makan. Seperti biasa, nasi goreng masakan Bik Iyem mengawali pagi Nesya. Diana duduk dan meminum susu yg di buatkan Bik Iyem.

   '' tumben tidak makan non, kangen sama tuan dan nyonya ya? '' bik Iyem keluar dari dapur membawa beberapa potong pir segar yg telah di kupas sebelumnya.

   '' ya.. rumah ini makin sepi.. '' Nesya mencoba tersenyum, meski sebenarnya dia ingin menangis tiap mengingat Orang tuanya. '' sudah dulu bik ngobrolnya, Nesya pergi dulu ya bik. '' Nesya keluar, Pak Karman telah menunggunya di depan.

   '' pagi non, mau berangkat sekarang? Mobilnya sudah di cuci kok non. '' sapa pak Karman ramah. Nesya hanya mengangguk dan masuk ke dalam mobil.

                                ...

   Nesya memasuki gerbang sekolah. Berjalan menyusuri koridor sekolah menuju lokernya. Sudah 2 tahun Nesya sekolah di SMA Harapan Bakti Jakarta Selatan. Tapi, dia tak pernah mau bergaul. Hanya ada satu orang yg menjadi temannya. Herilia Vega P. Wanita cantik dengan rambut hitam lurus berponi yg menjadi idola sekolah itu berteman dengan Firashtika K. Nesya, gadis pendiam yg cantik dengan rambut ikal berwarna coklat berponi.

   '' Nesya.. '' sapa Vega. Nesya membalas sapaan Vega dengan tersenyum manis padanya.

   '' hari ini hari pertama sekolah, kita jalan yuk! '' Vega membuka lokernya yg berada di samping loker Nesya.

   '' enggak deh ga, gue lagi pengen di rumah hari ini '' jawab Nesya polos.

  '' gue ke kelas duluan '' Nesya menutup lokernya dan berjalan dengan tatapan dingin. Vega mengerti itu tanda bahwa Nesya lagi Bad mood. Vega segera membereskan bukunya dan menyusul Nesya di belakang.

   Mereka berdua memasuki kelas dan duduk di bangku mereka. Vega dan Nesya duduk sebangku di barisan nomor dua. Hari ini, guru yg masuk Bu Lola. Guru yg paling cantik di SMA Harapan Bakti dan paling baik. Semua murid menyukai guru yg satu ini.

   Semua terdiam ketika Bu Lola memasuki ruang kelas dengan anggun. Semua murid kelas 3 A mengeluarkan buku mereka.

   '' pagi anak-anak. Bagaimana liburannya? Menyenangkan? '' tanya Bu Lola dengan senyum yg sangat manis. Sontak murid-murid kompak menjawab pertanyaan Bu Lola itu. '' baiklah, kita mulai pelajaran.'' lanjut Bu Lola.

                                   ...

   Bel istirahat berbunyi, Vega dan Nesya berjalan menuju kantin. Baru selangkah saja mereka berjalan, tlah membuat seluruh cowok di kantin melihat mereka. Bukan Vega yg mereka lihat, tapi Nesya!

   Banyak cowok yang jatuh hati pada Nesya. Tapi setelah di tolak Nesya, pasti sukanya lari ke Vega. Dan Vega pasti terima cowok itu! Pastilah, secara cowok yg tembak Nesya pasti cowok keren bin tener. Meski sebenarnya mereka cuma mau balas dendam sama Nesya melalui Vega.

  Saat mereka menuju meja mereka. Tiba-tiba seorang cowok manis bernama Alex menghadang mereka. '' Nesya, lo mau gak jadi pacar gue? ''

   Bukannya Nesya yg kaget, malah Vega yg kaget setengah mati kayak baru lihat Michael Jakson bangkit dari kubur. Nesya nampak biasa saja karena telah terbiasa.

   '' maaf, gue gak minat pacaran! '' kata Nesya  dingin lalu meninggalkan Alex berdiri kaku seperti habis digigit vampir.

   '' Nes, lo gila ya? Alex itu Ketos! Lo kok nolak dia sih? '' Vega protes melihat sifat dingin Nesya
   '' gak minat '' jawab Nesya dingin
   '' ampun deh, Nes. Apa sih yg bisa buat hati lo tuh meleleh? Gue heran deh sama lo! '' Vega hanya bisa garuk kepala melihat sahabatnya itu.

   Bel tanda istirahat berakhir. Mereka berdua pun berjalan menuju kelas. Saat keluar kelas, Vega melihat Alex masih menangis di pojokan kantin. Nesya juga melihat, tapi dia malah mengajak Vega pergi.  Vega hanya  geleng-geleng melihat kelakuan Nesya.

                                 ...

   Bel pulang berbunyi, Vega dan Nesya berjalan menuju loker mereka masing-masing. Saat Nesya membuka lokernya, dia menemukan sepucuk surat. Tanpa basa-basi, Nesya segera membuka surat itu.

Dear Nesya

   Hi, Sya! Gue Bobi kelas 3c. Gue liat lo tadi di kantin! Hebat! Gue gak nyangka lo berani nolak Alex yg jelas-jelas jadi idaman cewek-cewek sekolah.
   Boleh gak kita ketemu? Aku tunggu di taman belakang, sepulang sekolah.

                                                           Bobi

   '' surat penggemar ya, Sya? '' ledek Vega yg sudah selesai duluan.

   Nesya segera menyembunyikan surat itu di balik bukunya, dan memasukkannya ke dalam tas. Nesya menarik Vega keluar.

   '' Sya, lo yakin gak mau ikut gue? '' tanya Vega begitu mereka sampai di parkiran.
   '' yakin. '' jawab Nesya pasti.
    '' ya udah, gue duluan. Hati-hati ya. '' Vega masuk ke dalam mobil Honda jazz pink kesayangannya dan pergi keluar gerbang.

   Nesya berjalan menuju mobilnya. Dia masuk ke dalam mobil Alphard Hitam kesayangannya. Tasnya dia letakkan di samping kursinya.
   Entah mengapa, dia tiba-tiba ingat sama surat dari si Bobi itu. Buru-buru dia keluar dari mobilnya lalu berjalan ke taman belakang.
   Sebenarnya Nesya hanya penasaran sama orang yg berani ngirim surat dan nantangin dia ketemuan. Alhasil, sampailah Nesya di taman belakang sekolah. Seorang cowok manis sedang duduk di bawah pohon beringin yg rindang. Nesya berjalan pelan menuju orang itu.

   '' hai, Sya! '' sapa cowok itu ketika menyadari Nesya yg berdiri di depannya.
   '' lo Bobi? '' tanya Nesya bingung.
   '' ya.. Lo udah baca suratku? Ternyata betul kata teman - teman, lo tuh memang putri-berdarah-dingin '' Bibo berdiri.
   '' terus, lo mau apa? '' tanya Nesya sedikit membentak.
   '' pengen liat elo dari dekat! '' Bobi mendekatkan Wajahnya ke wajah Nesya, seolah Bobi ingin mencium Nesya.
  
Nesya tak bisa bicara, jantungnya deg-degan, dia benar-benar malu! . Gue kok jadi deg-degan begini? . Itulah yg ada di benak Nesya.
   Bobi yg melihat ekspresi Nesya yg berubah malah tertawa. '' hahah. Ternyata lo gampang di begoin yah! ''
   Nesya tersipu malu, wajahnya memerah. Tanpa pamit, di pun meninggalkan Bobi sendiri lalu berjalan menuju mobilnya dan pulang.

                                 ...

   Nesya berjalan menuju lokernya. Dia meletakkan bukunya di lokernya lalu menutup kembali. Saat dia berbalik, Bobi dengan senyum manisnya tlah berdiri di belakang Nesya.

   '' ada apa? '' tanya Nesya dingin sambil berjalan keluar.
   '' hha. Lo imut deh kalo kayak gitu! '' Bobi mencubit pipi Nesya.
   Pipi Nesya memerah. Perasaannya deg-degan. Dia melepaskan cubitan Bobi. '' apaan sih. Nanti pacarmu marah! ''
   Bobi terdiam. '' gue gak punya pacar! ''. Bobi tersenyum manis pada Nesya. '' tapi orang yg di suka ada! ''
   '' siapa? '' Nesya mencoba tenang, meski dia sangat ingin mengetahuinya.
   '' Ng.. cewek yg duduk di samping jendela yg ada di seberang atas bangkuku. '' kata Bobi polos. '' eh. Aku duluan yah! Hati-hati! '' Bobi berlari keluar
   Nesya berjalan menuju mobilnya. Sejenak dia berfikir. Apa benar dia menyukai seseorang? Atau dia hanya mempermainkku? . Nesya masuk ke dalam mobilnya dan pergi.

                              ...

   '' Ng.. Cewek yg duduk di samping jendela yg ada di seberang atas bangkuku. ''

   Kata-kata itu selalu terbayang di benak Nesya. Tempat dudukku sih di samping jendela . Nesya menoleh ke luar jendela. Saat dia balik, Bobi sudah melihatnya. Bobi menuliskan sesuatu dan memperlihatkannya pada Nesya melalui kaca.

   Kena kau!

   '' KURANG AJAR! AWAS LO YAH! DASAR COWOK ANEH! '' Nesya tiba-tiba tersadar. Pak Darwo. Salah satu guru killer di SMA Harapan Bakti.

   Hingga akhirnya berakhirlah Nesya di taman belakang.

   '' hukumanmu, potong rumput di taman belakang sepulang sekolah! '' kata-kata Pak Darwo terus terbayang di benak Nesya.

   '' mau ku bantu? '' Bobi tiba-tiba datang di belakang Nesya.
   '' Tidak perlu! '' Nesya melanjutkan pekerjaannya.
   '' ya sudah! '' Bobi meninggalkan Nesya sendiri.

   Setelah Bobi berjalan cukup jauh. Barulah Nesya melepas napas lega.

   '' benar-benar cowok aneh! Bukannya ngebantu, malah pergi. Padahal ini kan gara-gara dia! '' Nesya melanjutkan pekerjaannya.
   '' ya udah. Biar kubantu. '' Bobi yg rupanya perkataan Nesya itu segera merebut gunting rumput dari tangan Nesya. Nesya hanya tersenyum.

   Setelah beberapa jam, akhirnya pekerjaan itu selesai. Jam sudah menunjukkan pukul 17.00.

   '' akhirnya selesai. Bob, thanks ya! '' Nesya tersenyum lega.
   '' hanya itu tanda terima  kasih mu? '' Bobi mendekatkan wajahnya pada wajah Nesya.
   '' jangan macam-macam lo yah; Bob! '' ancam Nesya. Wajah Nesya pucat pasi. Dia juga sangat deg-degan.
   '' hahah. Tenang saja. Aku tdk bermaksud apa-apa padamu. '' Bobi meninggalkan Nesya.
   Nesya menatap Bobi bingung. Kenapa.. Aku selalu deg-degan dekatnya? Apa itu? Dia tdk bermaksud apa-apa? Apa aku.. Jatuh cinta pada Bobi?.


                                    ...

   Nesya duduk di bangkunya. Aku tidak bermaksud  apa-apa . '' apa maksudnya itu? ''. Nesya menoleh ke luar jendela. Bobi menatap Nesya. Nesya mencoba tdk memperhatikannya. Namun, Bobi tetap melihatnya.

   '' tidak! Ini tipuan! '' Nesya mencoba memperhatikan pelajaran. Nesya berbalik untuk memastikan, apa Bobi masih memperhatikannya atau tidak.

   Bobi masih tetap memandang Nesya. Akhirnya, Nesya menulis sesuatu di kertas.

   Temui gue di taman belakang! Sekarang!

   '' Bu, aku kurang enak badan, boleh aku ke UKS? '' Nesya memberanikan diri bolos pelajaran Bu Lola. Setelah mendapat izin, dia pun segera berlari ke taman belakang. Rupanya, Bobi tlah lebih dulu berada di sana.

   '' ada apa? '' tanya Bobi polos.
   '' apa maksudmu melihatku seperti itu? '' wajah Nesya memerah.
   '' Lo imut deh begitu! ''  Bobi tersenyum manis pada Nesya.
   '' gue kan udah bilang! Bilang hal itu hanya pada orang yg kamu suka! '' Nesya tertunduk malu.
   '' tapi, orang yg gue suka kan elo! '' kata Bobi manis.
   '' Bobi? Lo mau begoin gue lagi? '' Nesya mencoba menahan tangisnya.
    '' nggak. Cewek yg gue maksud, emang lo. Gue emang udah sayang lo dari dulu. '' Bobi mencoba menyakinkan Nesya.
   Tanpa basa-basi, Nesya segera berlari dan memeluk Bobi. '' gue juga.. Suka. '' Nesya mulai menangis.
   Mereka saling pandang. Nesya menutup matanya. First kiss . Itu yg ada di benak Nesya.

   '' Sya, ternyata.. Lo tuh pendek yah! '' Bobi menyadarkan lamunan Nesya.
   Nesya membuka matanya. '' yeh enak aja! '' Nesya mencubit lengan Bobi.
   '' hha. Ampun! '' jerit Bobi
   '' awas ya! ''




                                                 Alone/The End
- 2010

Comments