AKU dan LKMO, 2013


Ini tentang Aku
Dan   LKMO



Aku
Namaku Harista sriwahyuni, kalian bisa memanggilku Rista, Pun, Rispun, bahkan Haris jika kalian senang. Aku anak sulung dari dua bersaudara yang lahir di Ujung Pandang, 22 November 1997. Umurku 15 tahun dengan tinggi kurang lebih 154cm dan berat 50kg. Memiliki cita-cita mengelilingi Eropa dan sekolah di Massachusetts Institute of Technology dengan mendapat gelar Doktor atau guru besar dengan hobi yaitu menulis, membaca, dan segala hal yang aku sukai.
Harista Sriwahyuni, remaja yang masih mencoba untuk berteman dengan huruf 'R' ini menyukai segala hal yang bersifat misteri dan suka berimajinasi menjadi seorang detektif seperti Shinichi Kudo atau Sherlock Holmes. Sangat mencintai Harry Potter setelah Allah, Keluarga, dan seseorang di sampingnya. Suka menyapa semua orang yang dikenalnya sampai dia benar-benar lelah.
Menurut Zyan, Harista sriwahyuni menghabiskan dua per tiga harinya dengan senyum. Selalu menyukai hal kecil yang dianggapnya romantis dan kisah yang bergabung action atau kisah bertema kematian. Mencoba menjadi sosok yang dapat diterima orang lain, dan mencoba membanggakan orang tua. Menyukai musik ber-genre klasik atau instrumental dan menuangkan perasaannya dalam sebuah tulisan. Apapun itu. Suka berandai-andai menjadi pemeran film/tokoh utama di sebuah novel setelah membacanya.
Terkadang hobi menjaili, membuat marah, bahkan membuat seseorang kecewa, tapi juga suka di bully dan tak tau bagaimana cara melawan yang baik. Terlalu sering tersesat saat naik angkutan umum sendirian, jarang pulang malam, dan sering merasa terkurung.
Ada pengalaman unik saat dia kelas 5 SD, tepatnya saat dia mendapat tugas Bahasa Indonesia menggambar denah. Gambarnya saat itu benar-benar dianggapnya telah cukup bagus, tapi saat di periksa dia malah mendapat nilai setengah dari nilai sempurna. Orang tuanya bahkan menertawakannya dan sampai saat ini mengingatnya. Dan mulai sejak itu, dia akhirnya bertekad menjadi pelukis (gagal).
Mari kita membahas kehidupan sekolah, TK Aisyah adalah taman kanak-kanak yang dipilihnya untuk memulai kehidupan sekolahnya, itu tepat pada saat dia berumur 4 tahun. Setahun sekolah disana, dia akhirnya melanjutkan sekolahnya di SD Negeri Emmy Saelan Makassar. Rista anak yang tergolong polos dan cupu disini, dan itu memang sedikit berbeda dengan yang sekarang. Di umurnya yang ke-11, dia akhirnya memasuki masa remajanya dan bersekolah di SMPN 13 Makassar. Disini dia mulai mengenal organisasi dan mengikuti berbagai lomba. Awalnya, dia menempati kelas VII-4 yang saat itu merupakan kelas pembuat onar. Itu yang perlahan membuatnya menjadi sedikit cerewet. Ternyata "sedikit" itu membuahkan hasil, di tahun berikutnya dia memasuki kelas VIII-1 yang memaksanya harus menjadi sosok pribadi yang cerewet. Beruntungnya hal itu membuatnya memasuki kelas IX-1 di tahun berikutnya. Akhirnya, di tahun 2012 dia bisa memasuki SMAN 5 Makassar di kelas X-Unggulan1.
Bagaimanapun semua ini berawal dari dia mengenal organisasi bernama PMR, organisasi yang membuatnya menjadi seperti ini. Dan diapun memutuskan untuk mengikuti organisasi itu sekali lagi. Organisasi yang kini lebih besar, yang mungkin lebih kita kenal dengan nama PMR Wismu 05-205 Makassar.
Selain tekad dan kehendak Allah, PMR juga merupakan salah satu faktor yang membuatku lebih percaya diri sehingga menimbulkan berbagai macam prestasi. Prestasi pertamaku ada di bidang PMR, yaitu Juara umum Jumbara Daerah PMR 2010 di Bone dan Juara Dua umum Jumbara Nasional PMR 2011 di Gorontalo. Juara 3 lomba yel-yel Makassar Green School, peserta 18 besar Duta Pendidikan JILC 2012, Juara 1 lomba cerdas cermat AKREPEMASI 3 2012, Juara 2 lomba Story Telling PORSEDA 2012 SMAN 5 Makassar, dan Peserta OSN Kimia 2013.
Mempunyai prinsip:
"Saya baik, diatas saya ada orang yang lebih baik, diatas orang yang lebih baik ada orang yang jauh lebih baik, dan diatasnya itu ada Tuhan yang sangat baik."


LKMO
Apa itu LKMO?
LKMO atau Latihan Kepemimpinan dan Management Organisasi atau biasa di singkat dengan LKMO adalah salah satu Proker dari PMR Wismu 05-205 Makassar yang telah di laksanakan 12 kali berturut-turut. LKMO yang kini sederajat dengan Latihan Dasar Kepemimpinan Osis merupakan salah satu proker kebanggan PMR. LKMO sendiri mengajarkan kita berbagai macam hal yang sangat membantu, seperti cara membuat proposal yang baik dan benar, cara persentase yang baik, dan sebagainya.



Menurut seorang Harista Sriwahyuni, seperti apa itu LKMO?
LKMO itu keren. Sejenis LDK tapi lebih mengarah tentang bagaimana kecerdikan seseorang. Mencoba merubah seseorang menjadi sosok Leader yang dapat diandalkan. Mengajarkan berbagai macam hal yang dapat menunjang kita dalam berbagai hal.
LKMO mengajarkan kita berbagai macam trik yang bisa membuat kita sedikit unggul dari orang lain dengan mentor-mentor hebat dan pemateri yang hebat pula. LKMO bukan ajang perlombaan, tetapi ajang dimana kita seharusnya menjadi sosok yang lebih dewasa.

Bagaimana sebaiknya LKMO itu dijalankan?
Semua hal akan lebih asyik saat diselangi dengan games-games keren dan cerdik. Dan mungkin iringan lagu klasik-instrumental-atau lagu-lagu mellow yang dapat mendukung peroses agar perasaan menjadi lebih rileks.

Apa yang saya harapkan di LKMO?
Sejujurnya, saya benar-benar suka saat kita harus bermain logika dan mengasah pola pikir kita. Saya juga sangat tertarik dasar-dasar menjadi pisikolog seperti dapat mengenal tipe seseorang melalui tulisan atau hal lainnya. Dan saya berharap materi ini juga masuk meski hanya 'pelengkap'.


Well,
Let's JOIN to LKMO 12!
Karena di balik sebuah cerita, selalu ada makna.



Saya Harista Sriwahyuni, sampai jumpa di LKMO 12! :D

Comments

  1. Sesaat kamu akan berada di dunia lain yang penuh dengan hal positif disana :D

    ReplyDelete
  2. bukan dunia lain kak, tapi dimana kamu dan semua orang adalah pemimpin yang dipertemukan di sebuah atap mewah =))

    ReplyDelete
  3. Nice writes, Haris!

    Jadi kangen LKMO jaman saya haha

    ReplyDelete

Post a Comment